Tanda Burung Beo Sakit dan Solusinya

Beo memang merupakan jenis burung peliharaan yang cukup menggemaskan. Kemampuannya menirukan suara manusia sambil sesekali melompat-lompat di dalam sangkar kerap menjadikannya burung yang lucu dan disukai banyak orang.

Gejala beo yang sakit terkadang sulit untuk diidentifikasi. Kebanyakan penyakit pada burung beo disebabkan oleh gizi buruk atau stres. Cara terbaik mendeteksi penyakit adalah dengan mengenal beo anda dan menentukan apakah si beo berperilaku normal atau tidak.


Tanda Dan Gejala Beo Sedang Sakit


Ada banyak cara untuk mengenali burung beo kesayangan anda sakit. Jika anda memperhatikan dengan jeli maka bisa mengetahuinya dengan mudah. Berikut adalah beberapa tanda dan gejala yang menunjukkan burung beo peliharaan anda sedang sakit

1. Kurang Aktif


Salah satu cara mudah mengenali beo yang sedang sakit adalah dengan memperhatikan sih beo, jika dia kurang aktif bisa jadi itu pertanda beo sedang mengalami sakit.

Umunya beo yang sehat atau normal ia akan aktif dan suka berkicau menirukan suara manusia atau suara lainnya. Selain itu beo yang mengalami sakit, biasanya hanya diam, tampak murung dan kehilangan keseimbangan dalam bertengger.

2. Malas Makan


Tidak hanya manusia saja pada sakit kehilangan nafsu makan, namun seekor burung beo juga dapat mengalami hal serupa. Apalagi jika anda memberikan pakan yang tidak di jadwal atau di variasi akan menambah rasa bosan sehingga malas untuk mengkonsumsi makanan yang sediakan. Untuk mengenali beo yang sakit dia akan malas meskipun di sediakan makanan yang bervariasi, segar dan baru.

3. Terkulai


Burung beo yang sedang mengalami sakit, biasanya menunjukkan ciri-cirinya seperti kepala terlihat terkulai lemas, bulunya tampak terlihat kusam dan sayap beo tampak lunglai. Beo yang sakit, meskipun dalam cuaca normal ia bisa mengalami kedinginan sehingga tubuhnya terlihat menggigil.

4. Mata Sayu


Untuk mengenali beo kesayangan anda sakit atau normal mudah saja. Anda bisa melihat dari segi matanya. Jika beo yang sehat ia mempunyai mata yang jernih dan bulat. Berbeda halnya dengan beo yang sedang mengalami sakit ia memiliki mata yang tampak sayu, berair, dan kerap di pejam-pejamkan. Apabila keadaannya terlihat parah, biasanya terdapat pembengakak di area sekitar mata.

5. Kotoran


Dari segi kotoran kita bisa melihat keadaan beo baik yang sedang mengalami sakit atau normal. Jika beo sedang sakit dia akan mengeluarkan kotoran yang kering dan berwarna hita. Kondisi ini biasanya burung beo kurang mendapat suplai kandungan serat dan terlalu banyak mengkonsumsi makan kering. Semnetara beo yang mengalami masalah pencernaan, dia akan mengeluarkan kotoran yang cenderung berair, berlendir, atau layaknya berpasir.

B. Cara Mengatasi Beo Sakit 


Jika di atas anda sudah membaca artikel tentang cara mengenali beo yang sedang sakit, maka artikel di bawah akan menjelaskan bagaimana tips mengatasi atau merawat beo yang sedang mengalami sakit, berikut diantaranya :

1. Isolasi


Isolasi dalam dunai hewan terutama burung merupakan istilah memisahkan burung yang sedang sakit dengan burung beo yang kondisinya normal. Dengan cara ini, anda bisa menghindarkan burung beo yang sehat tertular penyakit dari beo yang sedang mengalami sakit.

Sementara cara merawat beo yang sakit, anda bisa memberikan koran sebagai alas di dalam sangkarnya. Kemudian berikan cahaya lampu yang cukup terang supaya beo mendapatkan udara hangat. Supaya beo tidak merasa silau dari cahaya lampu anda bisa meletakan kain tipis sebagai penghalang cahaya.

2. Pemberian Makan Ekstra


Salah satu cara mengatasi beo yang sedang sakit supaya bisa sembuh dengan cepat anda bisa memberikan pakan yang ekstra. Anda bisa memberikan jenis pakan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti jangkrik, kroto, dan jenis serangga kecil lainnya.

Sementara untuk minumannya sendiri, anda bisa memberikan susu atau berupa madu yang di dalamnya terdapat kandungan nutrisi tinggi. Dengan hal itu, tubuh beo mendapatkan suplai nuturisi yang tercukupi.

Bila anda membrikan pakan kroto, beo kesayangan anda mengalami kesulitan dalam memakanya, anda bisa mengubahnya menjadi bubur.

Sementara, bila beo anda mengeluarkan kotoran yang berupa caira. Berati menandakan jika beo kesayangan anda kekurang suplai nutirisi berbentuk serat dan air. Untuk mengatasinya anda bisa memberikan jenis pakan pepaya.

3. Ketenangan


Beo yang sedang mengalami sakit, biasanya mereka tidak suka dengan tempat yang ramai. Selain itu beo sakit juga sangat rentan untuk setres. Jadi, ada baiknya jika anda memindahkan beo ke tempat yang jauh lebih tenang dan jauh dari tempat keramaian, lalu lalang manusia dan burung-burung.

4. Dokter Hewan


Jika di rasa anda sudah tidak bisa sendiri dalam menangani beo yang mengalami sakit. Alangkah baiknya jika dis serahkan ke dokter hewan secepat mungkin , supaya mendapat perawatan yang tepat dan cepat. Dengan begitu beo anda bisa terhindar dari hal-hal yang bisa membuat keadaanya semakin memburuk.

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top