Makanan Burung Sirtu / Sirpu

Sirtu merupakan jenis burung kecil yang memiliki suara khas. Suaranya yang mengalun menjadi daya tarik tersendiri dan membuat penasaran banyak orang untuk memeliharanya. Banyak para kicaumania yang memelihara burung sirtu dari mudah atau anakan sirtu. Karena lebih mudah untuk di latih dalam mengkonsumsi makanan voer dan mudah untuk dimaster.

Berbeda dengan burung yang sudah dewasa dan hasil penangkapan liar di alam, sehingga lebih susah di latih mengkonsumsi voer atau susah untuk di lakukan pemasteran. Jika burung dipelihara sejak masih anakan atau trotolan, biasanya mereka akan semakin terbiasa dengan manusia.Dengan demikian tidak akan mudah stres jika kerap dipegang maupun dirawat.



Selanjutnya, kita juga dapat memberinya setingan harian seperti halnya burung kicau lainnya. Dari memandikan di pagi hari, menjemur, serta memberikan makanan burung sirtu dan lain-lain.

Jenis Makanan Burung Sirtu Supaya Cepat Gacor


Ada banyak jenis makanan dan buah-buahan yang di sukai oleh burung yang memiliki ukuran tubuh kecil ini. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca artikel di bawah ini yang sudah kami rangkum, diantaranya :

1. Makanan Burung Sirtu 


Untuk makanan burung sirtu anda sebaiknya harus diperhatikan dari usia burung sirtu yang anda pelihara. Sebab makanan untuk sirtu anakan dan sirtu yang sudah dewasa tentunya ada perbedaan.

Makanan burung sirtu alam liar dengan sirtu peliharaan juga berbeda. Jika sirtu liar ia sangat menyukai jenis pakan seperti semut, laba-laba, telur serangga, ulat daun, dan biji-bijian. Sementara sirtu peliharaan ia sangat menyukai jenis pakan seperti jangkrik, kroto, ulat, dan voer. Baik sirtu liar dan peliharaan, keduanya juga sangat menyukai makanan berupa buah-buahan, salah satunya pisang.

Pemberian kroto, ulat atau pemberian jangkrik harus tetap dilakukan di setiap hari dalam jumlah yang tidak begitu banyak. Pada umumnya pemberian makanan burung sirtu berupa kroto akan membantu merangsang burung untuk berkicau lebih rajin berkicau.

Supaya burung sirtu tidak merasa bosan dengan makanan yang anda berikan, anda bisa menjadwalnya atau bervariasi. Sedangkan untuk pemberian pakan EF anda bisa memberikannya 2 hari sekali.

2. Melatih Makan Voer 


Layakaya bayi, bayi sirtu juga mmembutuhkan latihan dalam mengkonsumsi makanan, salah satunya makanan voer. Anda bisa memberikan jenis pakan voer pada sirtu apabila burung sudah mulai bisa beradaptasi.

Dalam memberikan makanan, anda tidak boleh sekaligus. Alangkah baiknya jika sedikit demi sedikit, kemudian taruh kroto di bawahnya. Pastikan anda tidak memberikan pakan voer yang tidak perlu di aduk dan jangan yang bertekstur halus.

Setelah pelatihan makan voer berjalan mulai lancar anda bisa menambahkan jumlah voer setiap minggunya. Dan mulai mengurangi jumlah ktroto namun di ganti dengan ulat atau jangkrik sebagai makanan tambahan atau variasi.

3. Perawatan Harian 


Perawatan harian tidak bisa di lakukan secara mendadak terhadap burung sirtu yang masih baru. Anda sebaiknya menunggu 2-3 minggu untuk bisa di lakukan pelatihan perawatan harian.

Contoh kecil perawatan harian, mengangin-anginkan sirtu di pagi hari setelah matahari terbit. Kemudian di lanjutkan lagi dengan pemandian dengan cara di semprot atau teknik lain dan di lanjutkan lagi dengan proses penjemuran selama kurang lebih 1 jam lamanya.

Dalam meningkatkan kualitas makanan burung sirtu, anda bisa  menambahkan obat-obatan yang memiliki nutrisi untuk dijadikan sebagai sumber multivitamin.

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top