Makanan Burung Beo

Mempunyai burung beo yang selalu prima dan sehat tentunya menjadi imipian semua para kicau mania. Sebagai burung yang gemar berbicara, beo harus senantiasa terjaga kesehatannya. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah melalui pemberian menu makanan yang tepat.

Jenis makanan ini memang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta burung, yang mana manfaat dari makanan kroto dapat membantu dalam merajinkan sebuah kicauan si burung, selain itu juga dapat menambah setamina pada  burung agar tetap sehat.



Sebenarnya jenis makanan burung beo tidak jauh beda dengan jenis burung yang lainya seperti makanan jalak suren, cucak rawa, maupun makanan lovebird, adapun jenis makanan burung beo sebagai berikut :

1. Voer


Sebagai menu makanan utama burung beo, voer mempunyai banyak kandungan nutirisi di dalamnya. Voer sendiri terbuat dari bahan alami yang kaya akan kandungan serat, vitamin ,protein, lemak dan karbohidrat.

Meskipun tergolong makanan yang sehat dan baik untuk burung beo kesayangan anda. Namun anda jangan sampai lena atau salah memilih voer. Contoh kecil voer yang tidak layak untuk di konsumsi adalah voer yang terbuat dari bahan kimia, pewarna batan, bahan pengawet dan zat lainnya yang berbahaya untuk kesehatan tubuh burung beo kesayangan anda.

2. Buah 


Jenis pakan utama selanjutnya adalah buah pepaya. Burung ini sangat, karena kebutuhan nutrisinya tercukupi oleh buah pepaya yang mengandung serat dan lemak cukup tinggi. Selain memberikan rasa kenyang, buah pepaya juga dapat memperlancar saluran pencernaan dari beo itu sendiri.

Selain buah pepaya, beo juga menyukai jenis buah seperti apel, kelengkeng, pir, dan tomat. Buat jadwal ketika memberikan pakan buah, hal ini supaya beo tidak merasa bosan ketika mengkonsumsi makanan.

Penyediaan buah yang bervariasi juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin pada beo. Dengan begitu, daya tahan tubuh beo bisa lebih baik sehingga menjadikannya tidak mudah sakit.

3. Sayur 


Selain buah, burung beo juga menyukai sayuran seperti mentimun, sawi, jagung muda, dan wortel. Dengan jenis sayuran inilah kesehatan tubuh beo terjaga dengan baik, karena di pasok nutrisi yang tercukupi.

Untuk memudahkan beo dalam mengkonsumsi, anda bisa memotong sayuran tersebut menjadi ukuran kecil-kecil.

Sebelum anda meletakan sayuran tersebut di tempat makan beo, ada baiknya jika sayuran di cuci terlebih dahulu sampai bersih. Pastikan juga anda menyediakan sayuran yang kondisinya masih segar. Jika sayuran sudah di sajikan dalam 1 hari, kemudian hari sore atau esoknya pakan tersebut di buang di dan di ganti dengan yang baru.

4. Kacangan-kacangan 


Beo merupakan jenis burung yang sangat aktif dan suka melompat-lompat sehingga tidak heran jika membutuhkan asupan energi yang banyak. Salah satunya dari makanan jenis kacang-kacangan seperti kedelai hitam, kacang polong, dan kacang hijau.

Jenis kacang itulah yang mampu mencukupi kebutuhan energi beo, karena di dalamnya terdapat banyak nutrisi seperti lemak tinggi, protein, vitamin, serat dan lainnya.

Namun pastikan juga, anda tidak memberikan pakan ini secara berlebihan karena bisa membuat beo menjadi malas. Alangkah baiknya jiak memberikan pakan ini sekali-kali saja.

Sebagai tambahan, pada saat proses penyimpanan, pastikan kacang berada di tempat yang cukup kering. Pasalnya, suasana lembap akan memicu tumbuhnya jamur pada kacang sehingga menghasilkan racun yang berbahaya bagi kesehatan beo.

5. Serangga dan Kroto


Untuk menunjang metabolisme tubuh, maka beo membutuhkan jenis pakan yang berkualitas dan mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Salah satunya ada di dalam pakan jenis serangga jangkrik, belalang dan kroto.

Kedua jenis pakan ini mengandung nutrisi yang tinggi sehingga mampu menjadikan beo tetap bugar meskipun sudah berbicara dalam waktu lama.

Selain menu-menu makanan yang menyehatkan, ada juga beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada beo, seperti alkohol, kafein, cokelat, dan alpukat.

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top