Jenis-Jenis Burung Beo

Beo adalah sejenis burung anggota suku Sturnidae (jalak dan kerabatnya).Beo mkenjadi salah satu burung paling digemari kicau mania di seluruh dunia. Beo mampu menirukan suara manusia dan memiliki banyak jenis. Menurut National Geographic, beo meliputi seluruh ordo Psittaciformes yang terdiri dari sedikitnya 350 jenis beo.



Burung beo termasuk salah satu burung yang mempunyai banyak jenis di dunia yang belum banyak di ketahui oleh semua orang. Oleh sebab itu, kami akan menyediakan informasi tentang beberapa jenis burung beo yang paling terkenal di dunia, berikut diantaranya.

1. Beo Macaw


Macaw salah satu species burung beo yang di bekali penampilan cantik dengan bulu berwarna-warnai seperti merah, biru dan kuning. Burung macaw mempunyai postur tubuh besar dan dapat bertahan hidup selama 60 tahun lamanya.

Burung beo jenis ini di bekali dengan volume suara yang keras dan memiliki kemampuan berbicara cukup bagus. Banyak pecinta burung yang memelihara, bukan karena mau di latih berbicara, melainkan untuk di pandang karena berparas menawan.

Beo macaw sendiri memiliki jenis salah satunya Macaw Hyacinth. Jenis beo macaw ini termasuk burung beo yang mempunyai postur tubuh paling besar yang bisa mencapai 1 meter dengan bulu berwarna biru. Sedangkan Macaw Blue and Gold adalah beo yang sangat dikagumi karena keindahan bulu biru dan emasnya.

2. Beo Lovebird


Lovebird adalah jenis burung beo yang biasa di sebut dengan burung cinta. Sebab burung ini sangat setia dengan pasangannya. Burung beo lovebird sendiri mempunyai postur tubuh yang terbilang kecil bila di bandingkan dengan jenis pada umumnya. Meskipun kecil, burung ini begitu menawan karena di bekali dengan bulu yang berwarna-warni. Burung ini biasa hidup dalam kelompok. Kicauannya terdengar seperti orang yang sedang terkekek sehingga menyenangkan untuk didengar.

3. Beo Eclectus


Maluku salah satu wilayah di indonesia yang menghasilkan hewan yang menarik untuk di lihat dan enak di dengar suara kicaunya  yakni Burung Beo eclectus. Untuk membedakan antara beo eclectus jantan dan betina sebetulnya sangat mudah sekali.

Anda bisa melihat perbedaan warna di bulunya yang begitu mencolok. Jika beo eclectus betina di bekali dengan bulu berwarna mmerah cerah atau keunguan. Sedangkan beo eclectus di bekali dengan warna bulu hijau layaknya natu zamrud.

4. Beo Conure


Beo Conure menjadi salah satu jenis beo yang populer karena keindahan warna bulunya yang beragam. Jenis burung ini banyak di kenal pecinta burung dengan sebutan nama paraket atau burung parkit. Burung beo parkit mempunyai postur tubuh sedang dengan ekornya yang panjang. Burung ini bisa menjadi lebih menarik dan menawan jika sudah melalui proses mutasi warna dalam penangkaran.

Jenis beo ini menjadi burung yang paling banyak di sukai oleh para kicau mania, karena kepintarannya menirukan suara manusia atayu suara lain dengan banyak jenis. Menurut National Geographic, beo meliputi seluruh ordo Psittaciformes yang terdiri dari sedikitnya 350 jenis beo. Selain itu, beo parkit juga menjadi jenis beo yang paling mudah di jumpai di nusatara.

5. Beo Budgerigar/Budgie


Budgie sebuatan untuk nama burun beo di mancanegara, sedangkan Beo Budgie di indonesia lebih di kenal dengan nama burung kasturi. Beo kasturi mempunyai postur tubuh kecil dan berekor panjang, sehingga berbeda jika di bandingkan dengan beo pada umumnya yang mempunyai postur tubuh sedang atau besar. Burung ini juga mempunyai tiga species di antaranya

6. Beo Amazon


Beo amazon merupakan salah satu jenis burung beo yang asli dari hutan hujan amazon, Sehingga tidak heran jika burung ini di penuhi bulu berwarna hijau. Burung ini sering dijadikan peliharaan karena mudah akrab dengan manusia.

Di internet, banyak diunggah video tentang beo Amazon yang mencoba menirukan suara manusia. Salah satunya adalah seekor beo Amazon yang mencoba menirukan Rihanna saat bernyanyi dalam lagu Eminem yang berjudul The Monster.

7. Beo African-Grey


Beo African-Grey adalah jenis beo yang paling populer di dunia. Meskipun beo ini mempunyai warna bulu yang tidak semenarik dan semenawan burung beo pada umumnya, namun beo kelemahan itu di tutupi oleh kepintarannya dalam berbicara dengan banyaknya kosakata. Banyak orang menyebut jika beo ini paling ulung dalam berbicara.

Lebih hebat lagi, African-Grey dapat mengenali warna, bentuk, angka, dan ukuran. Seekor African-Grey yang terlatih benar-benar bisa diajak bicara seperti anak-anak. Ia bisa bertanya dan menjawab pertanyaan, seperti yang pernah dilakukan Alex Parrot sebelum kematiannya pada tahun 2007.

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top