Jenis Burung Ciblek ( Perenjak )

Jenis Burung Ciblek ( Perenjak )


Burung ciblek (nama latin: Priniria familiaris) atau kerap disebut burung prenjak ini merupakan jenis burung berkicau yang memiliki suara unik dan khas. Jenis burung ciblek di Indonesia sendiri beraneka ragam macamnya seperti ciblek tambak, gunung, dan sawah. Penyebarannya yang paling banyak ditemui terdapat di pulau Bali, Jawa, dan Sumatra.

Burung ciblek memiliki penampilan fisik yang imut serta memiliki kicauan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya burung ciblek yang telah jadi, akan memiliki suara yang gacor dan nembak yang ngotot. Inilah mengapa burung ini kerap mewarnai ajang kontes berbagai event kejuaraan di beberapa tempat di Indonesia. Mari kita ulas beberapa jenis burung ciblek yang terdapat di Indonesia

1. Ciblek Sawah / Prenjak Padi (prinia inornata)


Ciri-ciri yang khas pada burung ciblek sawah lebih mudah untuk dikenali, pasalnya burung ini sering berkeliaran di daerah-daerah sawah arau ladang jagung sebagai tempatnya mencari makan. Kicauan burung ini relatif lebih lirih dibandingkan dengan jenis burung ciblek lainnya. Kamu bisa membedakannya dari segi bentuk fisik yang dimilikinya, seperti tidak mengangkat ekornya saat berkicau.

2. Ciblek Tambak


Jenis Burung Ciblek Tambak terdiri dari dua jenis berdasarkan varian warnanya, yang pertama perpaduan bulu putih dan kekuning-kuningan pada bagian punggung hingga pantatnya dan ekornya berwarna putih kecoklatan. Yang kedua bulunya lebih doniman putih dan abu-abu pada bagian leher hingga perut.

3. Ciblek Jawa / Prenjak Jawa (bar-winged Prinia)


Jenis ciblek selanjutnya ialah ciblek jawa yang mempunyai panjang tubuh sampai 13 cm. Ciri-cirinya ialah berwarna cokelat kehijau-hijauan pada bulu bagian atasnya, bagian ekornya terdapat garis-garis hitam putih serta pada kedua sayapnya. Burung ini sering kali terlihat di daerah ladang terbuka, hutan mangrove, perkebunan teh, dan perbukitan dengan ketinggian sekitar 900 – 1500 meter (dpl).

4. Ciblek Gunung / Cigun (prinia atrogularis)


Ciblek gunung atau nama sebutannya cigun ini bisa anda jumpai di dataran tinggi seperti perbukitan dan pegunungan. Ciri-cirinya bisa kamu lihat pada bagian bulu berwarna keabu-abuan dari dahi, leher, hingga punggungnya dan bagian badan lainnya hampir seluruhnya berwarna cokelat kekuning-kuningan.

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top