Jenis Burung Anis

Umumnya kita ketahui jenis Punglor (Anis) atau Trush, adalah dari genus Zoothera dan Turdus. Sebenarnya ada beberapa genus lagi yang termasuk kategori punglor, seperti Myophonus, Psophocichla, Ixoreus, dan lain-lain yang semuanya berada dalam Family Turdidae.

Di Indonesia sendiri jenis punglor dari genus Zoothera dan Turdus termasuk banyak tersebar di wilayah Indonesia. Yang paling popul, punglor kembang, punglor macan dan kemudian ada lagi punglor siberia dan punglor cendana.

Jenis punglor tersebar dari wilayah Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Papua, dan di banyak pulau-pulau kecil perairan Indonesia. Sebagian besar memiliki suara kicauan yang enak didengar, sehingga burung jenis punglor ini selalu menjadi favorit untuk dijadikan burung peliharaan walaupun harganya terbilang tinggi.

13 Jenis Burung Anis di Indonesia

Berikut kami berikan sedikit informasi tentang burung anis di Indonesia yang terkenal akan suara kicaunya yang indah, sehingga banyak pecinta burung yang berlomba-lomba memilihara burung tersebut untuk ikutan kontes burung.

1. Anis Merah atau Punglor Merah


Punglor merah atau lebih di kenal dengan Anis merah adalah salah satu jenis burung yang termasuk dari angota keluarga Turdidae dan Genus Geokichla.

Burung punglor merah termasuk sebagai burung istimewa karena memiliki berbagai hal yang tidak di miliki burung lain seperti suara kicaunnya yang lantang, merdu, sendu, lembut dan adanya berkicau dengan variasi teler.

Anis merah tergolong sebagai burung pemalu, sebab ia suka di hutan gelap dengan dataran rendah. Burung ini kerap kali mengendap-endap di kelebatan penutupan semak di tanah.

2. Anis Sulawesi


Punglor Sulawesi nmerupakan jenis burung kicau yang berasal dari anggota Turdidae juga. Burung ini di temukan hanya di di Indonesia dan hanya di  dataran tinggi Pulau Sulawesi di atas ketinggian 1100 meter dari permukaan laut.

Uniknya dari burung sulawesi adalah penampilannya yang sedikit berbeda dengan jensi burung punlor umumnya. Punglor sulawesi memmpunyai postur tubuh yang panjang, paruh tebal serta panjang.

3. Burung Anis Gading atau Punglor Gunung


Punglor gunung ialah jenis burung yang mempunyai postur tubuh paling besar bila di bandingkan dengan jenis burung punglor pada umumnya.

Burung anis gading kurang banyak yang menyukainya, karena suara kicaunya yang kurang menraik bagi para pecinta burung.

Di indonesia sendiri burung jenis ini telah menyebar di beberapa tempat. Sementara untuk penyebaran subspeciesnya anis gading telah mencakup di wilayah Asia, Asia Tenggara dan pulau-pulau di daerah Pasifik.

4. Punglor Kening atau Punglor Kayu


Punglor kayu adalah jenis burung yang unik karena warnanya hampri menyerupai kayu yakni kecolkatan.  Pada bagian kepala di atas mata jenis ini terdapat alis berwarna putih. Suara kicauannya tidak semerdu sepupunya dari genus Zoothera, namun lumayan menarik untuk digacorkan dan bisa variasi.

Ketika musim berbiak pada musim panas tiba, biasanya penyebaran anis kening meliputi Asia tenggara bagian utara. Namun ketika musim dingin tiba, punglor kayu berimigrasi ke Asia tenggara seperti Filipina, Indonesia meliputi ( jawa, sumatera, sulawesi, dan kalimantan.

5. Burung Anis Tanimbar


Anis tanimbar merupakan species burung yang masuk ke dalam anggota Zoothera schistacea. Jenis burung yang satu ini termasuk burung endemik indonesia yang berasal dari pulau Tanimbar, Maluku.

Untuk sekarang ini habitat burung anis tanimbar hampir punah akibat adanya perusakan hutan secara liar.

6. Burung Anis Seram


Di pulau Seram, Maluku terdapat satu subspecies Punglor yang begitu unik yakni burung anis seram. Jenis burung ini termmasuk burung endemik dengan postur tubuh yang berukuran sedikit kecil bila di bandingkan dengan jenis burung anis umumnya.

Untuk mengenali ciri burung ini mudah sekali, yakni di bgain tubuh atas terdapat warna cokelat zaitun, punggung bawah hitam sabak, palang sayap putih, penutup ekor bawah hitam berujung putih lebar, dan penutup sayap bawah berwarna kehitaman.

7. Burung Anis Buru


Buru Thrush salah satu keluarga Punglor yang berada di wilayah Tengah Indonesia. Bagi orang awam tentunya akan mengatakan jika jburung anis buru sama penampilannya dengan burung punglor kembang. Namun di sini yang membedakkan anis buru mempunyai postur tubuh yang sedikit lebih panjang bila di bandingkan dengan anis kembang.

Punglor Buru ditemukan di pulau Buru dan sebelah barat pulau Seram, yang berada di wilayah Maluku. Punglor Buru terkait erat dengan Punglor Seram, karena terdapat banyak kemiripan, tapi oleh para peneliti Punglor Buru dan Punglor Seram dipastikan sebagai dua species yang berbeda.

8. Anis Engano


Anis Engano merupakan jenis species burung yang berasalan dari wilayah Bengkulu, tepatnya di pulau Enggano. Burung anis enggano hidupnya di di pulau sebelah barat pulau Sumatra, Punglor Enggano.

Punglor Enggano termasuk salah satu burung penyanyi yang indah suaranya dan variasi, meskipun demikian para pecinta burung tidak tahu banyak tentang species burung ini.

Penampilan Punglor Enggano sangat mirip dengan Punglor Kembang, tapi di sekitar dada berwarna putih, dan tidak ada bercak hitam seperti Punglor Kembang.

9. Punglor Sisik


Burung ini termasuk burung pendiam, karena sulitnya membuat burung ini mau berkicau, sehingga butuh kesabaran dan perawatan khsusus supaya mau berkicau.

Punglor Sisik awalnya ditemukan di wilayah Siberia Russia, Mongolia, China, Taiwan dan Filipina. Tapi akhir-akhir ini ditemukan juga di daerah pegunungan Bukit Barisan Sumatra Utara.

Awalnya burung ini diduga hanya bermigrasi sementara selama musim dingin, namun karena  seringnya burung ini ditemukan di pegunungan Bukit Barisan, sehingga di yakini  burung ini berhabitat asli di pegunungan Bukit Barisan Sumatra Utara.

10. Anis Siberia


Si Hitam ini lumayan misterius dan bertubuh bongsor alias besar. Meskipun memiliki postur tubuh yang besar, namun burung ini mampu berkicau dengan suara yang enak di dengar.

Gaya berkicaunya yang unik "setengah teler" menoleh ke kiri dan ke kanan, sambil berkicau lembut, sangat menarik perhatian yang melihatnya.

Tempat asalnya Siberia Russia, Mongolia dan China, terutama daerah yang bersuhu dingin, pada musim kawin biasanya bermigrasi mencari daerah hangat seperti Asia Tenggara, sering ditemukan di pulau Sumatra dan Jawa.

11. Burung Anis Hutan


Burung ini ada yang bilang agak mirip Punglor Macan, tapi sepertinya lebih mirip dengan Punglor Sisik, sehingga tidak jarang orang menyangka ini adalah Punglor Sisik. Di Jawa Barat burung ini dikenal dengan sebutan Anis Hutan. Suara kicauan juga terbilang merdu. Populasi saat ini semakin berkurang dan mulai langka.

Di Indonesia burung ini ditemukan di Jawa Barat sekitar gunung Pangrango, tapi di pulau Sumatra burung mirip dengan Punglor Hutan sering ditemukan. Penyebaran burung ini secara luas, selain di Jawa Barat, juga ditemukan di pulau Sumatra, Malaysia dan Filipina.

12. Burung Anis Macan


Burung Punglor Macan disebut juga sebagai Punglor Ampenan, karena pertama kali burung ini dibawa dari Ampenan. Tapi para penggemar burung lebih suka menyebut burung ini dengan sebutan Punglor Macan. Kicauannya yang lembut mengalun, cocok untuk dijadikan burung rumahan. Punglor Macan ditemukan di pulau Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores dan Timor.

13. Burung Anis Cendana


Punglor Cendana jenis burung yang baru di kenal oleh para pecinta burung. Jika tidak salah burung ini baru mulai populer sekitar tahun 2000-an, awal diperkenalkan di pedagang burung pulau Jawa.

Suara kicauannya tergolong bagus, mampu menyerap berbacai macam suara masteran, namun gayanya yang unik "gaya nungging" agak mengurangi penampilannya di kontes burung. Walau begitu Punglor Cendana tetap menjadi salah satu favorit untuk dijadikan koleksi peliharaan.

Burung ini hanya ditemukan di Indonesia, terdiri dari 2 subspecies, yaitu:

- Zoothera peronii peronii (Vieillot, 1818) - pulau Roti dan Timor Barat.

- Zoothera peronii audacis (Hartert, 1899) - Timor Leste (dulu Timor Timur), pulau Wetar dan Romang Timur sampai ke Babar.

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top