Fakta Unik Burung Bangau

Bangau adalah sebutan untuk burung dari keluarga Ciconiidae. Burung ini memilik postur tubuh yang terbilang  besar, berkaki panjang, dan berleher panjang namun namun lebih pendek dari burung Kuntul, dan mempunyai paruh yang besar, kuat serta tebal.

Bangau bisa dijumpai di daerah beriklim hangat. Habitat di daerah yang lebih kering dibandingkan burung Kuntul dan Ibis. Makanannya berupa Katak, ikan, serangga, cacing, burung kecil dan mamalia kecil dari lahan basah dan pantai.



Bangau tidak mempunyai organ yang mengeluarkan suara. Ia berkomunikasi dengan menautkan paruhnya dengan pasangannya. Bangau memanfaatkan aliran udara yang panas dan hangat untuk dapat menyimpan tenaganya saat terbang jauh.

Bangau ialah burung yang tergolong memiliki berat badan yang besar dan sayapnya dapat merentang lebar sekali. Bangau juga dikenal setia pada pasangannya sehingga sering dipakai sebagai simbol bahagia oleh beberapa budaya di dunia. Simak lebih lanjut ulasan fakta-fakta mernarik burung bangau di bawah ini.

A. Fakta Burung Bangau 


Berikut kami berikan informasi tentang fakta-fakta burung bangau yang mempunyai segudang keunikan tersendiri, diantaranya :

1. Burung bangau di jadikan sebagai simbol natalis di Eropa.

2. Burung Bangau juga kerap di jadikan sebagai sebagai cerita untuk anak-anak sebelum tidur.

3. Uniknya sebanyak 25 % jenis bangau di miliki oleh negara Polandia.

4. Tidak jarang, negara yang mempunyai bendera warna putih-merah, banyak yang menjadikan bangau sebagai lambang negara namun yang tidak resmi.

5. Pembuat terbang laying yakni Otto Lilienthal terinspirasi dari gambar burung bangau yang kala itu di ambil oleh Ottomar, ketika burung bangau sedang terbang.

6. Bangau kerap klai terbang dengan membentuk huruf V bersama temannya. Setelah banyakd i lakukan penelitian, ternyata formasi huruf V membuat mereka terbang lebih efisien 71%, jika di bandingkan terbang tanpa formasi. ( Filosofi ini pun dimuat Stephen R. Covey dalam buku Seven Habits for Highly Effective Teens yang masyhur itu ).

7. Di negri Sakura, burung bangau menjadi filosofi yang itnggi, sehingga kerap di jadikan sebagai pembuatan origami yang ditaruh di dekat jendela.

8. Bangau dikenal sebagai hewan penyendiri. Namu ketika musim kawin yakni  Februari sampai Mei di bagian India, dan November sampai Januari di kawasan India Utara, burung bangau membuat suatu koloni.

9. Berdasarkan statistik yang dibuat RED LIST UCN, populasi bangau tongtong diseluruh dunia dinyatakan pada level Rentan.

10. Bangau menjadi satu-satunya hewan ketika mengkonsumsi makanan dengan memakai system saringan, serupa dengan paus, ikan, dan juga kerang. Cara makannya ini ditopang oleh bentuk unik paruhnya yang seakan-akan terjadi patah di bagian tengahnya.

11. Bangau juga salah hewan yang dapat berdiri dengan 1 kaki, hal ini berguna saat ia ingin mengurangi mendinginnya tubuh saat terkena air.

12. Bangau terbilang burung unik, sebab ketika memberikan pakan kepada anaknya yang masih bayi ia terlihat menggunakan sebuah zat yang tampak seperti susu rasa strawberry ? Hingga saat ini penelitian masih dilakukkan sebenarnya apa substansi tersebut yang dikeluarkan dari metabolisme tubuhnya.

13. Marabou merupakan jenis bangau pengkonsumsi bangkai. Burung bangau ini sendiri asalnya dari daratan Afrika. Marabou menjadi penyelamat bagi warga Afrika karena dengan kebiasaannya itu bisa menekan persebaran kuman penyakit oleh bangkai binatang.

14. Telur bangau akan dierami oleh induk betina dan akan meteas kurang lebih satu bulan setelahnya.

15. Ketika musim kawin, bangau betina akan menari-nari untuk menarik perhatian jantan dan mengajaknya kawin. Setelah kawin, mereka akan membuat sebuah sarang yang dibuat dari ranting-ranting pohon yang ditempatkan di atas dahan pohon.

16. Burung bangau terbang dengan menerapkan prinsip aerodinamis. Ia akan menjulurkan kepalanya kea rah depan dan kakinya akan didorong ke belakang.

17. Burung bangau adalah jenis burung yang suka bepergian ke tempat yang jauh. Setiap tahunnya mereka akan mencari tempat yang lebih hangat supaya mereka dapat bertahan hidup. Hal ini bisa menjadi pertanda musim panas akan datang untuk daerah yang didatangi oleh bangau, saat teknologi belum secanggih sekarang.

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top