Cara Merawat Burung Anis Merah

Anis merah adalah jenis burung yang memiliki banyak keistimewaan sehingga banyak sekali di cari oleh pecinta burung. Sayangnya, jenis burung yang satu ini sudah punah sehingga sulit untuk di temukan. Untuk mengenali burung jenis ini anda bisa melihat ciri-cirinya yakni bulunya dominan dengan warna merah kecoklatan di bagian dada dan kepala.

Kemudian ciri lain dari anis merah adalah bagian iris mata berwarna hitam, paruh hitam gelap. Maka tidak heran jika banyak orang yang gemar memelihara burung ini, selain suara kicaunya yang khas, burung anis merah juag di bekali dengan penampilan fisik yang begitu indah untuk di lihat.

Selain itu anis merah juga memiliki gaya khas yang kerap disebut dengan gaya teler. Gaya teler yaitu perilakunya yang suka geleng-geleng dengan pergerakan seluruh tubuh yang melemas seperti orang yang sedang mabuk. Anis merah punya beberapa julukan yang beraneka ragam seperti punglor merah, anis bata, punglor cacing dan lain lain. Burung ini punya nama latin Zoothera citrina.


A. Kicaun Anis Merah 

Anis merah merupakan jenis burung yang populer dengan suara kicaunya yang lantang, merdu dan bervariasi. Terutama anis merah jantan.

Tidak heran jika harga burung anis merah jantan mempunyai harga yang terbilang mahal, bila di bandingkan dengan harga anis merah betina yang cenderung lebih terjangkau.

Meskipun begitu, bukan berati kicaun burung anis merah tidak ada manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah dapat memancing anis merah jantan untuk berkicau meskipun kondisinya belum bisa membuka paruhnya.

B. Perbedaan Anis Merah Jantan Dan Betina 

Karena burung anis merah termasuk jenis burung monomorfik, maka untuk melihat perbedaan antara anis merah jantan dan betina tidak hanya bisa di lihat dari segit fisik saja, namun perliaku dan tingkah lakunya juga harus di lihat.

1. Ciri Burung Anis Merah Jantan 

Burung anis merah jantan memiliki banyak ciri untuk di kenalinya, seperti di bawah ini, diantaranya :

- Bulunya terlihat lebih cerah dan mengkilap.
- Mempunyai tulang kloaka lebih runcing dan rapat.
- Ketika di adukan dengan anis merah lainnya, anis merah jantan sedikit mengangkat bagian kepalanya.
- Ketika masih trotolan, anis merah jantan tidak memiliki bulu berwarna kuning di bagian sayapnya.
- Memiliki postur tubuh lebih panjang.
- Ketika berdiri terlihat lebih tegak dan gagah.

2. Ciri Burung Anis Merah Betina 

Burung anis merah betina juga tidak kalah banyak ciri-cirinya dari anis merah jantan, berikut beberapa ciri anis merah betina yang mudah untuk kita kenali, di antaranya :

- Tidak memiliki waran cerah dan terlihat terang.
- Pada bagian kloaka tampak lebih lebar.
- Burung anis merah bentina ketika di pertemukan dengan anis merah lainnya dapat bersiul.
- Ketika usia dewasa, bagian bulu yang berwarna kuning akan memudar.
- Bagian tubuh anis merah betina lebih bulat jika di bandingkan dengan anis merah jantan.

C. Perawatan Burung Anis Merah 

Bagi orang yang sudah lama memelihara burung tentunya kegiatan yang mudah untuk di lakukan, namun akan berbeda jika orang yang baru memelihara.

Pada dasarnya perawatan harian Anis Merah tidak berbeda dengan jenis burung kicau lainnya, mulai dari pemberian pakan, pemandian, penjemuran, pemasteran dan sebagainya. Pada intinya perawatan tersebut membuat burung merasa lebih aman dan nyaman.

Perlu kalian ingat jika perawatan anda merasa aman dan nyaman, burung anis merah mudah sekali dalam kondisi top from. Jadi anda sebagai pemilik tidak boleh mengabaikan pola penanganan yang mungkin terbilang relatif dan sederhana ini.

Apabila kalian mengabaikan, hal yang di takutkan adalah burung anis merah anda hanya akan ngeriwik saja, meskipun sudah kamu pelihara lama.

D. Full Kerodong 

Full kerodong akan sangat bermanfat bagi burung untuk merasa nyaman dan tidak setres ketika berada di lingkungan terlalu ramai, tempat yang sering di lewati hewan, jalan sempit, dan kegiatan manusia yang lalu halang. Supaya hasilnya lebihh maksimal, dalam 1 minggu burung bisa di full kerong selama 4-5 hari.

E. Gantang Sangkar Pada Tempat Yang Nyaman

Perawatan burung memang harus di lakukan seteliti mungkin, salah satunya penempatan gantang sangkar.

Sebagai pemilihara burung, sebaiknya anda memperhatikan kondisi lingkungan, keadaan, dan situasi dalam meletekan gantang sangkar, karena ini ada kaitanya dengan kenyaman burung anis merah yang anda pelihara.

Perlu kalian ingat, sebaiknya tidak meletakkan gantang sangkar di tempat yang anginnya berhembus kencang atau dekat dengan sumber angin.

Kemudian, jauhkan juga meletakkan gantang sangkar dari dapur, agar tidak terkena asap dapur ketika keluarga anda sedang memasak.

Burung anis merah jauh akan merasa nyaman dengan tenmpat yang teduh, namun hembusan anginnya hanya sepoi-sepoi.

F. Kroto dan Mandi Malam

Apabila kondisi kesehatan burung anis merah anda normal, maka bisa di lakukan pemandian malam hari. Selain itu anda juga bisa memberikan pakan berupa kroto pada malam hari setelah proses pemandian. Ini di karenakan kroto bisa membantu burung untuk mempercepat proses ngeplong.

G. Pengembunan 

Setelah melewati proses full pengkrongan, kini saatnya burung di menjalani proses pengembunan. Pada kondisi inilah burung anis merah tertantang untuk membuka suaranya dengan kicauan yang lebih lantang.

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top