Cara Merawat Burung Anis Merah Mabung

Molting merupakan kata yang di terjemahkan dengan berbagai istilah seperti mabung, ngurak, ambrol, nyulam dan lainnya. Mabung sendiri merupakan proses pergantian bulu yang tumbuh namun belum sempurna dan sebagian besar bulu tersebut masih keaadan terbungkus layaknya rebung.

1 bulan merupakan waktu paling maksimal ketika burung menjalani proses mabung atau pergantian bulu. Umunya, ketika mabung burung biasanya lebih banyak membutuhkan stamina ekstra. Pada saat burung mengalami pergantian bulu, maka sebagai pemilik wajib memberikan makaan ekstra, misalnya pakan jangkrik.



A. Perawatan Burung Anis Merah

Burung Anis Merah adalah salah satu burung primadona yang sangat banyak penggemarnya. Merawat burung anis merah sebenarnya cukup mudah, apabila kita telah mengetahui dan memahami karakter-karakter dasar dari burung tersebut.

Namun tidak bagi orang baru, terlebih lagi jika burung tersebut dalam keadaan proses mabung. Maka perawatan tidak boleh seperti umumnya, harus lebih di perhatikan, lebih telaten dalam merawatnya dan ekstra super hati-hati supaya bulu dapat kembali tumbuh secara sempurna.

B. Penuhi Kebutuhan Protein

Perawatan yang paling di perhatikan ketika burung mengalami proses mabung adalah memenuhi kebutuhan protein burung itu sendiri. Sebab proses mabung, tubuhnya sangat membutuhkan asupan protein guna pembentukan protein baru.

Jangkri dan kroto merupakan 2 jenis makanan yang paling tepat ketika burung anda sedang mejalani proses mabung. Sementara takaran pakan yang umumnya di berikan yakni 4 ekor jangkrik pada sore hari dan 1 sendok kroto pada pagi hari.

Untuk menambah nutirisi, anda bisa memberikan cacing 3 kali dalam seminggu dengan takaran 2 cacing sekali makan. Sementara pakan buahnya, anda bisa memberikan pisang dan pepaya. Sebab kedua jensi buah ini kaya akan vitamin c, yang bisa menjaga daya tahan tubuh, terutama ketika proses pergantian bulu.

C. Cek Kondisi Burung 

Tidak hanya perawatan saja yang harus di berikan perhatikan ketika burung anis merah sedang menjalani proses mabung, namun pengecekan kondisi burung juga tidak kalah pentingnya. Misalnya, ketika burung anda mengalami gangguan kesehatan, biasanya anis merah lebih sering memejamkan mata.

D. Mandi Dan Pengeringan 

Umumnya ketika burung sedang dalam kondisi normal, biasnya di lakukan pemandian dan penjemuran setiap hari. Namun tidak halnya jika burung tersebut sedang menjalani proses pergantian bulu, cukup di mandikan 1 minggu sekali. Apabila pemandian sering di lakukan saat proses mabung maka bisa mengambat pertumbuhan bulunya. Sementara penjemuran di lakukan maksimal hanya 20 menit dan tidak perlu di lakukan setiap hari.

E. Biarkan Burung Anis Merah Dikerodong

Tidak hanya dalam kondisi normal burung anis merah di lakukan pengkrodongan, namun ketika sedang proses mabung juga di lakukan pengkrodongan. Selain itu, hindarkan burung anis merah pada saat mabung di tempat keramaian. Hal ini supaya mengurangi resiko burung tersebut mengalami setres pada saat proses mabung.

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top