Cara Merawat Burung Anis Macan

Anis Macan merupakan salah satu burung dari anggota keluarga Anis seperti anis kembang dan anis merah yang memiliki kepinataran dalam berkicau dan mempunyai suara kicau lembut serta merdu.

Meskipun burung anis macan kalah populer dengan kedua jenis burung anis tersebut, namun dengan suara kicaunya yang sangat merdu mampu mengalahkan burung kicau Anis Merah dan anis kembang. Selain suara kicaunya yang lembut, burung anis macan mempunyai bentuk tubuh yang begitu cantik untuk di lihat.



A. Ciri Burung Anis Macan 


Burung anis macan sekilas mirip dengan burung anis kembang, sehingga tidak jarang orang sedikit bingung ketika membedakann antara burung anis macan dengan kembang.

Namun ciri yang paling menonjol dari anis macan adalah warna tubuhnya yang di dominasi dengan warna coklat. Sementara tubuh bagian bawahnya di dominasi oleh warna putih atau hitam.

Ciri burung anis macan lainnya yang mudah untuk di kenali seperti mempunyai  paruh berwarna cokelat gelap, memiliki sisik sisik unik pada bgaian tubuh ( tepatnya di tepi bulu dengan warna kuning ).

Sedangkan postur tubuhnya anis macan lebih besar jika di bandingkian dengan anis kembang. Untuk warna kakinya sendiri anis macan berwarna merah jambu.

B. Habitat Dan Populasi Anis Macan 


Burung ini secara umum habitatnya berada di hutan basah, terutama yang berada dekat dengan sumber air. Sedangkan kebiasaan burung ini suka mengais-ngais tanah untuk mencari sumber makanan seperti cacing, ulat tanah, dan serangga kecil lainnya yang berada di tanah lembab.

Sementara habitat aslinya burung anis macan bisa di katakan sudah punah dan jarang sekali di temui. Untuk itu bagi kalian yang memiliki jenis burung ini alangkah baiknya di lakukan perawatan semaksimal mungkin.

Sebab burung ini terbilang burung istimewa yakni bisa menirukan jenis suara dari kicauan burung lain dan juga dapat Ngerol dan juga gacor.

C. Tips Merawat Burung Anis Macan


Dari segi perawatan burung anis macan hampir sama dengan jenis keluarga anis lainnya seperti Anis Kembang, Merah, dan Cendana. Untuk lebih jelasnya berikut kami jelaskan perawatan harian untuk burung anis macan seperti :

1. Pada pagi hari yakni jam 04.30 - 05.30 burung ada baiknya di embunkan.

2. Kemudian pada pukul 06.30 burung di mandikan, dengan di masukan pada keramba pemandian setiap harinya.

3. Pemilik burung wajib rajin membersihkan kotoran yang berada disangkar burung tersebut.

4. Pemilik burung juga harus rutin mengganti air minum dan menambah  pakan voer apabila dirasa kurang.

5. Pada jam makan pagi, pemilik burung bisa menambahkan pakan lain seperti 3 ekor  jangkrik dan 2 ekor cacing.

6. Pemilik burung juga bisa memberikan jenis pakan lainya seperti buah pepaya dan pisang kepok.

7. Setelah proses rangkaian tersebut selesai, burung anis macan di jemur hingga pukul  09.30.

8. Jika penjemuran selesai,burung tinggal di angin-anginkan di teras rumah atau di bawah pohon rindang hingga sore hari.

9. Selanjutnya, pemilik burung kembali membersihkan kotoran yang terdapat di sangkar.

10. Tambahkan juga air minum dan pakan voernya jika dirasa kurang.

11. Burung anis bisa di masukkan kembali ke dalam keramba.

12. Setelah itu, burung anis di masukkan kembali ke dalam sangkar burung dan di angin – anginkan sejenak sampai terlihat cukup kering.

13. Terakhir, kerodong dan masukan ke dalam rumah.

14. Biarkan burung anda istirahat dan berikan masteran suara.

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top