Cara Menjinakan Bakalan Burung Beo

Beo merupakan sejenis burung dari anggota suku Sturnidae. Burung ini banyak di sukai oleh para kicaumania karena kepintaranya yang bisa menirukan berbagai jenis suara. Seperti yang kita ketahui jika spesies burung dalam kelompok ini baik jantan serta betina sama-sama dapat berkicau.



Banyak sekali orang berangaapan jika burung beo jantan lah yang mempunyai suara kicau paling bagus. Sebenarnya anggapan tersebut salah, sebab beo betina jika di latih secara baik dan benar suara kicaunya bisa melebihi suara kicau beo jantan.

A. Memilih Bakalan Burung Beo


Usia merupakan satu hal yang begitu penting bagi anda yang hendak memilih burung beo untuk di jadikan bakalan. Pilihlah beo yang berusia mudah, sebab akan lebih mudah untuk di latih berbicara atau menirukan anekaragam suara.

Selain, usia ada faktor lain yang harus di perhatikan ketika menentukan bakalan burung beo yakni bentuk jawer, bulu di sekitar mata serta kepalanya. Umumnya bakalan beo mempunyai bentuk jawer yang belum sempurna, sementara bulu di sekitar mata dan di bagian kepalanya masih jarang.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca informasi lebih lanjut tentang poit-point dalam menentukan bakalan burung beo yang bagus, diantaranya :

- Bagian Paruh yang punya warna kuning.
- Iris mata yang berwarna yang gelap.
- Memiliki bentuk tubuh yang lebih besar.
- Burung masih punya gelambir/jengger yang masih pendek.
- Mempunyai bentuk kepala yang cepak dengan bulu-bulu pada atas bagian kepala yang masih jarang.

B. Cara Menjinakkan Bakalan Beo Liar


Bagi orang terbiasa menjinakan burung beolihar merupakan pekerjaan yang tidak begitu sulit, namun akan berbeda jika yang melakukannya pemula. Dia membutuhkan banyak informasi dan cara, salah satunya menjinakkanbeo liar dengan cara memandikannya sampai basah kuyup.

Memandikan burung beo dapat lakukan dengan berbagai macam cara. Termasuk dengan mandi sambil dipegang, disemprotkan dengan sprayer, ataupun dihujan-hujankan. Namun memandikan paling efektif adalah sambil di pegang.

Sebab cara ini, secara tidak langsung kita berinteraksi dengan burung tersebut. Contoh kecil, kita mengusap-usap bulu di bagian dada, leher, jawer dan kepala dengan memakai air. Anda juga bisa sambil berkata-kata dengan burung tersebut menenangkan.

Selain memandikan, ada trik lain untuk menjinakan burung beo yang liar, misalnya dengan menggantungkan sangkar ( jangan terlalu tinggi hanya di batas kepala kita ). Manusia saja membutuhkan kepercayaan, begitu pun sebaliknya burung beo juga membutuhkan kepercayaan orang yang melatih dan merawatnya.

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top