Cara Melatih Burung Beo Bicara

Masih banyak penggemar burung beo yang meminta informasi mengenai bagaimana cara melatih burung ini agar pintar bicara. Perlu diketahui, metode cepat dan efektif dalam melatih beo agar mau ngoceh membutuhkan beberapa persyaratan, antara lain burung yang mau dilatih masih berusia sangat muda.



Beo yang dapat berbicara tentu dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi yang memelihara. Suaranya yang menggemaskan terkadang mampu menjadi hiburan di kala rumah sedang sepi. Berikut beberapa cara mudah agar beo yang anda miliki dapat berbicara dengan lancar.

1. Usia 


Bagi anda yang mau melatih burung beo untuk berbicara atau bisa menirukan berbagai macam suara bisa di mulai dari beo berusia 2 bulan. Di umur segitu, beo belum bisa berbicara sehingga ini menjadi kesempatan anda untuk melatihnya. Sebagai hasilnya, beo akan bisa lebih cerewet karena sudah terbiasa mendengarkan kata-kata yang sama sejak usia dini.

2. Waktu 


Waktu menjadi bagian yang sentarl ketika anda melatih burung beo untuk berbicara. Sebab tidak boleh sembarangan memilih waktu, harus ada jadwalnya. Namun waktu yang paling bagus di gunakan adalah pagi dan sore hari.

Adapun jamnya anda bisa memilih jam 9 pagi dan 4 sore. Pemilihan waktu latihan yang sama akan membentuk sebuah pola sehingga menjadikan beo lebih mudah untuk menghafal kata-kata.

Ketika anda sedang melatih sebaiknya jangan terlalu asik, sebab tidak baik melatih beo berbicara terlalu lama, paling maksimal 30 menit saja. Sebab jika beo di latih terlalu lama yang di takutkan akan bosan dan kelehan sehingga tidak bagus untuk beo itu sendiri. Selain itu, sebelum berlatih, pastikan juga untuk memberikan makanan terlebih dahulu agar asupan energinya selalu tercukupi.

3. Pilihan Kata


Sebagai pelatihan awal, sebaiknya beo di latih dengan kata-kata yang mudah untuk di tirukan seperti apa kabar, selamat pagi, selamat sore, selamat siang, halo dan sebagainya.

Pastikan juga, ketika anda melatih secara konsisten dan beo sampai lancar dengan kata yang kamu pilih. Anda bisa mengganti kata-kata yang lain, asalkan beo tersebut sudah fase menirukan kata yang anda latih.

Karena sebagai burung yang pintar, anda sebaiknya tidak berbicara kotor ketika melatih atau sedang di dekat beo. Sebab beo tidak bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Jadi, sangat berhati-hati ketika berkata-kata di dekat burung ini.

4. Metode 


Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk melatih beo berbicara, atau istilah tepatnya meniru kata-kata yang biasa diucapkan manusia. Sedikitnya ada empat metode yang paling popular, cepat, dan efektif dalam melatih beo bicara, yaitu :

A. Audio


Ketika anda hendak mendengarkan suara atau audio terhadap beo yang mau di latih, sebaiknya di perhatikan dulu. Contoh kecil, jika di dalam sangkar terdapat sisa makanan sebainya di keluarkan terlebih dahulu.

Selanjutnya kerodong sangkar tersebut supaya beo bisa lebih fokus denga audio yang di dengarkan. Pastikan juga volume auido tersebut dapat di dengar oleh beonya dan juga jangan terlalu keras. Sebab bisa membuat beo menjadi setres.

B. Langsung 


Selain memakai audio, anda bisa melatih beo berbicara dengan cara langsung yakni anda mengucapkan kata sederahana secara berulang kali selama 30 menit di pagi hari dan sore.

Ingat juga, anda sebagai mentor tidak boleh berkata kasar atau membentak ( berbicara terllalu keras ) terhadap beo, karena bisa membuat beo menjadi setres. Latihlah beo dengan kata yang lembut, enak di dengar dan penuh kesabaran.

C. Beo Lain 


Anda bisa memanfaatkan beo yang sudah gacor untuk di jadikan mentor supaya beo yang anda latih bisa menirukan suara yang di keluarkan oleh beo gacor. Dengan berjalannya waktu, beo dapat menguasai kata-kata yang diucapkan beo lain tersebut.

D. Tempat Ramai 


Salah satu teknik yang di pakai untuk melatih beo berbicara adalah dengan menempatkan beo di tempat ramai. Sehingga secara tidak langsung beo mudah menirukan aneka suara yang di dengar.

Setiap hari terkadang ada penjual makanan yang lewat di depan rumah, seperti: bakso, soto, dan sate. Saat digantung dalam sangkar dan terbiasa mendengar suara-suara seperti itu, beo pun akan semakin lancar mengeluarkan kata-kata sebagaimana yang didengar.

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top