Budidaya Burung Belibis

Belibis dengan nama ilmiah Dendrocygna merupakan sekelompak unggas dengan paruh yang datar atau Anseriformes. Dengan paruh datar, belibis mampu membuat suara layaknya siulan. Burung ini sama seperti burung bangau yang sangat setia terhadap pasangannya. satu pejantan hanya mau melayani satu betina. Untuk habitatnya sendiri, burung ini hidupnya di air dan berkelompok.



Bersama kelompoknya, belibis senang berburu gabah yang biasanya masih tertinggal di lahan sawah. Sehingga burung belibis akan sering dijumpai di area persawahan ketika masa panen berakhir. Belibis termasuk burung liar yang mencari makan pada malam hari. Meskipun burung mempunyai  bentuk yang menggemaskan dan lucu, belibis ternyata tidak mudah ditangkap.

Jenis-Jenis Burung Belibis 


Jenis burung belibis memang beraneka ragam, menurut tipenya belibis dikelompokan menjadi dua, diantaranya  :

1. Burung Belibis

Belibis merupakan salah satu jenis burung dari anggota suku Anatidae yang memiliki habitat di air. Burung ini mempunyai kemapuan untuk berenang, karena di kakinya terdapat rselaput. Dalam bahasa inggris burung ini di kenal sebagai burung whistling duck atau itik bersiul.

2. Burung Belibis Kembang

Dendrocygna arcuata merupakan sejenis burung uunggas berparuh datar yang hidupnya di air seperti di rawa-rawa hutan. Burung ini sangat suka dengan makanan kecil seperti ikan-ikan kecil.

Untuk mengenali burung ini tidaklah sulit, ada banyak sekali ciri-cirinya seperti lehernya panjang dan kecil, paruh dan kakinya berwarna hitam, bulunya berwarna coklat atau kecoklatan dan mempunyai selaput di kakinya layaknya bebek atau itik. Banyak orang yang mengatakan, jika burung jenis ini mirip sekali dengan bebek jawa atau bebek petelur.

Untuk habitatnya dan kehidupannya burung ini termasuk burung yang suka berkelompok atau bergerombol. Namun jika anda menemui burung jenis ini sendiri, berati kelompoknya sudah habis atau tertinggal di tempat lain.

Di antara 2 jenis burung belibis, namun belibis kembang yang lebih populer jika di bandingkan dengan burung belibis. Selain itu, belibis kembang dalam kegiatannya jauh lebih gesit bila di samakan dengan bebek jawa.

A. Cara Budidaya Burung Belibis 


Ada banyak faktor yang harus di perhatikan sebelum anda memulai budidaya burung belibis. Nah berikut, kami sajikan beberapa tips atau informasi sebelum mengembangbiakan burung belibis, diantaranya :

1. Tempat Budidaya

Salah satu hal yang harus kamu peerhatikan dalam membudidaya burung belibis adalah tempat dan lokasi. Sebab keduanya, menjadi syarat utama dalam mengembangbiakan burung ini. Pilihlah lokasi yang dekat dengan pinggiran sungai, karena burung ini habitatnya di air.

B. Memelihara Burung Belibis


Terdapat banyak hal yang harus di sediakan selain tempat yang sesuai dengan habitatnya. Berikut kami jelaskan informasinya, yang akan berguna bagi anda, terutama seseorang yang pemula dalam membudidayakan burung ini, diantaranya :

1. Kamar Untuk Ternak Burung Belibis

Kamar menjadi kebutuhan sentral dalam urusan berternak. Anda bisa membuatkan kamar dengan ukuran 10 x 6 meter dengan bentuk panggung. Jangan lupa juga berikan kamar mandi layaknya manusia yang membutuhkan tempat ini untuk membersihkan diri.

Untuk sarang burung belibis, sebaiknya anda membuatkan atap dan pelindung jari, supaya burung belibis tidak kabur. Selain itu, di dalam kandang sediakan semacam rawa untuk bermain para itik, sediakan gundukan tanah ditepi rawa-rawa kecil sebagai tempat para belibis bersenda gurau, sediakan tempat makan, tempat minum dan mungkin perelengkapan tambahan lain.

2. Pakan Burung Belibis

Adapun jenis pakan untuk burung belibis tidak sulit, ia sangat suka dengan makanan yang ukurannya kecil dan hidup di air. Tidak hanya itu, burung ini juga sebenarnya hampir sama dengan bebek ia juga menyukai pakan seperti jagung, padi dan sekali kali dedak. ( terutama burung belibis yang usianya 0-2 bulan ).

3. Cara Memelihara Burung Belibis

Meskipun biasa hidup ditempat berair, namun anak belibis yang masih muda sangat rentan dengan hawa dingin terutama pada malam hari. Sebaiknya anak belibis dipelihara secara terpisah dan berikan penghangat pada kandang.

Dalam setahun burung belibis 3 kali bertelur, setiap musim hanya akan menghasilkan telur 7-9 butir telur. etelah itu belibis akan mengerami telur itu selama 21 hari, sama seperti ayam yang mengerami telurnya.

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top