Jenis Burung Branjangan

Jenis Burung Branjangan Yang Ada di Indonesia

Burung Branjangan dari Daerah Bali

Para maniak burung branjangan sangat suka berburu burung branjangan yang berasal dari Bali. Burung jenis ini punya kicauan dan warna sayap yang indah dibandingkan burung branjangan lokal Jawa. Bodinya lebih besar dari burung branjangan Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Sumatera. Harga pasaran burung branjangan Bali cenderung lebih mahal. Harga pasaran burung branjangan Bali anakan dan ombyokan berkisar ratusan ribu rupiah. Sedangkan, harga burung branjangan Bali yang sudah full gacor mencapai jutaan rupiah. Sayangnya, burung branjangan Bali anakan kini sudah langka di alam liar sehingga sulit ditemui di pasaran.

Burung Branjangan dari Daerah Jawa Barat

Burung Branjangan dari Jawa Barat yang terkenal adalah branjangan Sapan. Burung branjangan yang berasal dari Sapan memiliki kicauan yang menarik, melengking, dan nyaring. Burung ini mempunyai jambul yang khas dan berbeda dengan burung branjangan yang berasal dari daerah lain. Burung ini punya postur tubuh minimalis dengan panjang hanya sekitar 12 - 13 cm. Burung ini berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan burung branjangan lain, seperti branjangan Jawa Tengah dengan ukuran 12-14 cm. Burung Branjangan Sapan juga mempunyai corak batik lebih gelap dan berwarna hitam mirip dengan branjangan NTB dan Sumbawa.

Burung Branjangan dari Daerah Jawa Tengah

Di Daerah Istimewa Yogyakarta terutama Wates dan Kulonprogo merupakan gudangnya burung branjangan. Branjangan Jawa Tengah banyak dicari pengoleksi burung karena burung ini bermental kuat, postur tubuhnya besar, suaranya keras dan beragam, cocok dikolaborasikan dengan berbagai jenis masteran, berwarna kemerahan dan kekuningan, dan punya corak yang lebih menyala dibanding branjangan Jawa Barat. Ukuran tubuhnya lebih besar dibanding branjangan Jawa Barat, yaitu berkisar anatra 12 sampai 14 cm.


Burung Branjangan dari Daerah Jawa Timur

Branjangan yang satu ini mempunyai karakter bulu yang lebih terang pada bagian yang berwarna coklat dan tidak begitu gelap pada bagian yang berwarna gelap. Hal ini membuat burung branjangan Jawa Timur tampak lebih terang dibanding branjangan Jawa Tengah, Bali, dan Borneo. Postur tubuhnya hampir sama dengan burung branjangan Jawa Tengah.

Para pecinta burung kicau yang bijaksana sebaiknya berupaya melestarikan burung branjangan agar tidak punah. Anda boleh saja memeliharanya di rumah sebagai koleksi dan ladang bisnis, tetapi di samping itu Anda juga perlu untuk menangkarnya. Sah-sah saja jika Anda ingin berbisnis burung branjangan mengingat harganya yang melambung tinggi, namun jangan lupa untuk mencintai kelestarian fauna dan menjaga ekosistem alam supaya burung branjangan tidak cepat punah.

Yaps, demikianlah beberapa informasi yang bisa admin bagikan kepada Anda. Semoga bisa membuka jendela pengetahuan dan menambah referensi untuk Anda! Semoga bermanfaat!   

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top