Cara Merawat Burung Flamboyan Agar Cepat Gacor

Hai para maniak burung? Apakah Anda salah satu kolektor burung flamboyan dan ingin tahu cara merawatnya? Jika iya, berarti Anda berkunjung pada situs yang tepat! Sebelum melangkah ke tips pintarnya, kita kenali dulu si burung mungil ini ya...

Burung flamboyan adalah jenis burung dengan ukuran tubuhnya yang kecil, biasanya tidak mencapai 14 cm dan berbulu merah kecoklatan. Burung yang hanya ada di pulau jawa bagian barat dan tengah ini adalah spesies burung kecil dari famili burung Pellorneidae. Burung endemik yang hanya ada di Indonesia ini sudah seharusnya kita jaga habitat dan kelestariannya.


Jangan pernah mencoba untuk melakukan perburuan liar terhadap burung flamboyan ini ya sobat. Karena, itu adalah perbuatan merusak lingkungan yang dapat mengancam stabilitas ekosistem alam. Tapi tidak masalah bagi Anda yang ingin memelihara burung ini di rumah, dengan syarat harus tahu cara merawat flamboyan yang benar.

Cara Merawat Burung Flamboyan Biar Cepat Berkicau

Nah berikut ini adalah berbagai tips merawat burung flamboyan yang baik dan benar!

1. Rawatlah Burung Flamboyan Sejak Bayi

Sebaiknya rawatlah si flamboyan ini sejak masih usia bayi supaya terjalin chemistry antara Anda dengan si flamboyan yang cantik ini. Mengapa harus merawatnya sejak masih bayi? Karena, jika merawatnya ketika sudah dewasa, burung ini akan merasa terjebak di dalam sangkar dan sulit untuk beradaptasi dengan habitat barunya. Dan bisa jadi burung ini akan pergi dari sangkar karena tidak betah. 

2. Penyediaan Sangkar

Siapkan sangkar khusus untuk si flamboyan ini, jangan baurkan burung ini dengan burung lain dalam satu sangkar. Hal ini dilakukan supaya flamboyan tetap sehat dan tidak saling adu dengan burung lainnya.

3. Mengganti Air Minum Secara Rutin

Burung flamboyan adalah burung yang suka kebersihan. Jadi, ganti air minum untuk si burung setiap harinya. Air minum untuk flamboyan ini adalah air biasa, yang terpenting Anda harus tetap menjamin kebersihannya.

4. Mengganti Pakan Secara Rutin

Tidak hanya minum yang harus diganti, pakan juga harus rutin diganti setiap harinya. Pastikan Anda mengganti pakan si burung dengan yang baru meskipun masih ada sisa pakan. Hal ini dilakukan supaya flamboyan tetap cantik nan sehat.

5. Menjaga Kebersihan Sangkar

Selain harus menjaga kebersihan minum dan pakan si flamboyan, Anda juga harus sering membersihkan sangkar dan peralatannya supaya tetap steril. Ingat sobat, flamboyan adalah jenis burung yang bersih. Pastikan flamboyan kesayangan Anda terlindung dari penyakit!

6. Mandikan Burung Flamboyan Anda Secara Rutin

Mandikan burung flamboyanmu secara rutin ya sobat, supaya bulu-bulunya tetap mengkilap dan menawan. Burung juga butuh mandi supaya tetap terlihat fresh.

7. Gantungkanlah Sangkar Burung Anda di Teras Rumah

Jangan letakkan burung di dalam rumah terus ya sobat. Anda harus menggantungkannya di teras rumah supaya si burung mendapatkan angin segar. Berikan udara bebas untuk si burung agar ia terhindar dari tekanan. Burung ini memiliki habitat asli di alam bebas, jadi usahakan jangan membuat burung ini stress karena jauh dari habitat aslinya.

8. Berikan Jangkrik

Sekali-kali berilah asupan tambahan untuk si burung supaya dia tidak bosan dengan pakan yang itu-itu saja. Jangkrik adalah alternatif yang tepat sebagai makanan selingan di samping pakan pelet. Berikan makanan untuk si burung secara teratur.

9. Memberikan vaksin

Jangan lupa untuk memvaksinasi flamboyan kesayanganmu ya sobat! Pemberian vaksin berfungsi untuk melindungi burung dari virus-virus penyebab penyakit.

10. Memberikan Vitamin

Berikan vitamin pada si burung supaya warna sayapnya tetap cemerlang. Vitamin tambahan berperan sebagai stimulasi pertumbuhan bulu coklat kemerahannya. Asupan vitamin yang didapatkan flamboyan tentu akan lebih sedikit dibandingkan jika si burung hidup di alam bebas. Maka, jangan lupa untuk selalu memberinya vitamin.

11. Memberikan Obat Kutu

Awasi burung Anda dari gangguan kutu! Caranya, dengan memberikan obat anti kutu pada si burung. Kutu dapat menyebabkan tubuh burung menjadi terluka dan iritasi karena kutu burung adalah jenis serangga yang gemar menggerogoti tubuh burung. Rawatlah si burung dengan baik, jangan sampai burung kesayanganmu jadi berkutu dan tidak sehat.

12. Proses Pengecekan

Periksa kondisi seluruh tubuh si burung secara rutin dan berkala. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya luka pada bagian tubuh si burung. Jangan sampai hal-hal yang serupa lalai dari perhatian Anda ya sobat! Pastikan burung Anda tetap terjaga kesehatannya!

13. Ajak Berkomunikasi

Komunikasi sangat perlu dilakukan dengan si burung. Anda dapat melakukannya dengan cara bersiul dan mengelus-elus sayap dan paruhnya. Komunikasi yang intens akan mempererat kedekatan emosi antara si burung dengan pemiliknya seperti halnya dengan hewan peliharaan lainnya semacam kucing dan anjing.

Yap itulah 13 tips jitu merawat burung flamboyan. Selamat mencoba ya sobat!? Jangan Lupa Kalau Misalkan Pengin Tahu Lebih seputar Dunia Burung atau Kicau Mania Silakan Baca terus KicauPedia.Com        

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top