Burung Bulbul

Burung Bulbul, Jenis Burung Kicau yang Kaya Ocehan

Burung bulbul lebih banyak dikenal dengan sebutan burung Cucak. Burung Cucak sangat familiar di Indonesia, khususnya bagi para loversbird. Burung bulbul sangat kaya dalam hal variasi suara. Suara merdunya banyak menarik minat para maniak burung kicau. Burung Cucak atau burung Bulbul pasti selalu ikut dalam kontes burung kicau di Indonesia. Burung ini setidaknya punya 27 jenis, sebagai contohnya seperti berikut ini.

Cucak Rawa (Pycnonotus zeylanicus)
Cucak Kuning (P. melanicterus)
Cucak Kutilang (P. aurigaster)
Cucak Gunung (P. bimaculatus)
Merbah Cerukcuk (P. goiavier)
Merbah Belukar (P. plumosus)
Empuloh Janggut (Alophoixus bres)

Mengenal Burung Cucak Bersisik

Burung ini cenderung sulit ditemui oleh pemburu burung karena burung ini termasuk burung yang sangat pemalu. Habitat aslinya adalah di kawasan hutan dataran rendah hingga perbukitan dengan ketinggian 700 m di atas permukaan laut. Burung ini berbaur dan mencari makan bersama dengan jenis burung lain. Sasaran untuk mencari makan, yaitu di ujung semak dan tajuk pohon tingkat tinggi. Berikut ini ras dan persebaran burung Cucak Bersisik.

Pycnonotus squamatus webberi dengan wilayah persebarannya di ujung selatan Myanmar, selatan Thailand, Semenanjung Malaysia, dan Sumatera.
Pycnonotus squamatus squamatus hanya ada di Pulau Jawa.
Pycnonotus squamatus borneensis dengan wilayah persebarannya di Kalimantan. Ukuran tubuhnya lebih besar dibanding dua ras yang lainnya.

Dewasa ini, burung Cucak Bersisik jarang ditemui di Pulau Jawa sehingga informasi tentang perilaku perkawinannnya sangat minim. Jenis burung bulbul atau cucak yang masih dapat kita jumpai, yaitu burung bulbul Maluku. Di Maluku, burung ini dapat dijumpai di pulau Seram. Burung Bulbul Maluku punya warna sayap yang menarik dan bersuara merdu. Warna dan kicauannya punya karakter tersendiri dibandingkan burung bulbul di Indonesia bagian barat. Burung ini juga termasuk satu-satunya burung bulbul yang belum dibudidayakan sebagaimana jenis burung bulbul yang lain di Jawa dan Sumatera. Burung Cucak Maluku lebih familiar dengan sebutan Brinji Emas. Burung yang mempunyai nama latin Alophoixus Hypsipetes ini hanya bisa ditemui di Maluku dan Sulawesi.   

Artikel KicauPedia.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Scroll to top